Cara Menggambar dengan AutoCAD

 Cara Menggambar dengan AutoCAD 



Deskripsi

Seiring berkembangnya teknologi informasi, hampir semua bidang pekerjaan memanfaatkan  komputer  sebagai   alat bantu. Demikian pula dalam bidang teknik,  perangkat  lunak  komputer digunakan untuk  mempercepat proses dan mendapatkan  hasil pekerjaan yang akurat. Tuntutan dunia industri yang terus berkembang dan persaingan  dalam produk dan jasa menciptakan peluang munculnya teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Suatu perusahaan pembuat perangkat lunak di Amerika, AUTODESK telah menciptakan  perangkat lunak untuk membantu perancangan  yaitu Computer Aided Design (CAD).    Perangkat lunak tersebut adalah AUTOCAD, yang saat ini telah banyak digunakan dalam berbagai bidang teknik, antara lain gambar  mesin, arsitektur, automotif, survei dan pemetaan dan sebagainya.

AutoCAD merupakan salah satu perangkat lunak CAD yang paling banyak digunakan oleh dunia industri maupun perorangan. Hal  ini  disebabkan karena perangkat lunak ini m enawarkan berbagai kemudahan dalam menggambar, baik gambar 2 dimensi maupun 3 dimensi secara akurat dan memiliki sekian banyak fasilitas untuk  mempercepat  proses  menggambar. Selain  itu, AutoCAD adalah perangkat  lunak CAD yang pertama dan  yang dapat dijalankan pada PC (Personal  Computer).

AutoCAD telah dijadikan standar perangkat lunak untuk IBM PC, sehingga hardware-hardware penunjangnya  (Plotter,  Digitiser  dan  lain-lain)  selalu menyediakan driver untuk  AutoCAD.Sekarang  telah  banyak  dibuat  perangkat lunak pembantunya (Third  Party  Software), yang  menjadikan fungsi  AutoCAD lebih spesifik dengan bidang teknik tertentu.

Salah   satu   perusahaan  pembuat  perangkat  lunak   pembantu  AutoCAD yang selalu   mengikuti   perkembangan AutoCAD adalah SOFTDESK. Produknya antara lain  adalah  perangkat  lunak  pembantu AutoCAD  untuk pembuatan gambar arsitektur dalam modul  arsitektural, konstruksi dalam modul struktural, dan modul  civil  survey  untuk  pembuatan  peta kontur. Perangkat-perangkat  lunak tersebut dijalankan di dalam AutoCAD dan   masih   banyak lagi Third Party Software yang telah beredar di pasaran. 

Dari awal peluncuran AutoCAD release 1, Desember 1982 release 12, Juni 1992, release 13 Desember 1995 hingga sekarang release 2014, telah banyak memberikan kontribusinya terhadap perkembangan rancangbangun bidang teknik. Oleh karena itu, penguasaan  software ini sudah menjadi kebutuhan dalam bidang teknik sekaligus untuk mengantisipasi tuntutan dunia industri saat ini.

Dalam kegiatan belajar ini akan banyak digunakan perintah standar yang memungkinkan bila ada  perkembangan baru  lagi  tidak  terlalu kesulitan untuk mengikutinya, karena  pada  dasarnya  perintah  dasarnya  antara release awal dan terakhir sama saja, hanya untuk versi baru  ditambah kemudahan- kemudahan dalam pengoperasiannya.


No comments

Powered by Blogger.